Rabu, 06 Agustus 2014

Trik Agar Pepes Ikan Gurih Tak Berair

Trik Agar Pepes Ikan Gurih Tak Berair
usaha kuliner
Terkadang sangat kecewa ketika kita sudah bersusah payah membuat bumbu pepes, kemudian melakukan pengolahan bahan, akan tetapi hasil pepes ikan kita berair dan anyir meskipun sudah dibungkus rapat dengan daun pisang dan dikukus.

Proses pembuatan pepes ikan pada umumnya melalui beberapa tahap yakni, pencampuran dan perendaman dengan bumbu agar meresap, kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus agar matang perlahan, dilanjutkan dengan proses pengeringan dengan cara dried pan.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa ikan dan bahan makanan lain pada proses perendaman bumbu akan mengeluarkan cairan apalagi bumbu memakai garam, dan sayuran tambahan lain seperti cabai dan tomat yang juga mengeluarkan cairan. Demikian juga pada saat proses pengukusan akan keluar jus ikan yang lebih banyak.

Jangan khawatir, pada kesempatan ini Masternya Tips akan berbagi trik agar pepes ikan tidak berair serta berbau anyir. Setelah di kukus, pangganglah pepes beserta bungkusnya di atas bara api arang. Aroma daun pisang yang terbakar akan menambah sedap pepes ikan yang kita buat, sehingga bau anyir ikan tidak akan tercium. Cara lain bisa dilakukan dengan memanggang dalam oven panas dalam beberapa menit. Jika tidak ada, gunakan wajan besi anti lengket, taruh pepes didalamnya, tutup dan panaskan hingga seluruh cairannya menguap sambil sesekali dibalik.

Selamat Mencoba....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar