Jumat, 05 September 2014

10 Trik Pemanfaatan Minyak Goreng

Minyak goreng dalam kesehariannya menjadi bahan penting yang harus selalu ada di dapur. Minyak yang dihasilkan dari tanaman kelapa, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, dan jagung ini tidak hanya berfungsi hanya untuk menggoreng makanan saja. Kali ini Masternya Tips akan memberikan manfaat lain yang belum banyak diketahui orang.

1. Perangkap Nyamuk.

Walaupun sekarang ini banyak obat anti nyamuk yang beredar di pasaran jika tidak tersedia di rumah saat dibutuhkan maka akan sangat menjengkelkan. Nah daripada pusing sebaiknya ambil tutup panci yang agak lebar kemudian oleskan secara merata dengan minyak goreng. Setelah itu cari area yang banyak nyamuk kemudian kibaskan tutup panci tersebut. Maka nyamuk-nyamuk itu akan menempel pada sisi tutup panci yang sudah diolesi dengan minyak goreng.


Saya sarankan jangan terlalu banyak mengoleskan minyak karena jika Anda kibaskan maka bisa menimbulkan cipratan minyak kemana-mana. Cara diatas sangat bermanfaat untuk di dalam rumah atau di luar rumah misalnya ketika camping. Sederhana tetapi berguna kan?

2. Merawat Perabotan Kayu.

Ini merupakan cara yang sudah saya praktekan sejak lama dan hasilnya memang bagus. Campur minyak goreng dengan satu jeruk lemon yang sudah diperas, perbandingannya bisa 1:1. Oleskan campuran itu ke permukaan perabotan kayu dan kemudian gosok dengan kain katun. Kegunaan cara ini untuk menghaluskan goresan-goresan tipis pada permukaan perabotan kayu. Silakan dicoba agar Anda bisa mengetahui hasilnya.


3. Merawat Kulit dan Rambut.


Minyak goreng yang terbuat dari kelapa sudah sejak lama digunakan oleh orang-orang jaman dahulu untuk perawatan tubuh. Minyak kelapa ini memiliki aroma khas berbeda dengan minyak goreng lainnya sehingga dahulu sering digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit dan rambut.


Cara pemakaian untuk perawatan kulit adalah : oleskan dengan tangan pada bagian-bagian kulit yang terlihat kering secara perlahan dan merata. Pemakaian secara konsisten dalam jangka waktu lama akan membuat kulit yang tadinya kering menjadi halus dan mulus.


10 Trik Pemanfaatan Minyak Goreng

Sedangkan untuk perawatan rambut campurkan minyak kelapa dengan takaran 1-2 sendok makan kedalam air hangat dan aduk perlahan hingga tercampur rata. Nah setelah itu silakan oleskan campuran itu ke rambut Anda mulai dari pangkal hingga ujung secara merata. Kulit kepala juga diolesi minyak tersebut sambil dilakukan pijatan-pijatan lembut agar masuk kedalam pori-pori kulit. Setelah selesai gunakan penutup ramput yang bisa mudah didapatkan dipasaran dan diamkan sampai pagi.

Setelah itu keramaslah agar minyak kelapa yang menempel pada kulit kepala serta rambut hilang. Lakukan ini berulang-ulang maka dalam jangka beberapa waktu rambut Anda akan sehat dan indah serta kulit kepala terhindar dari ketombe. Silakan dicoba, walaupun terkesan merepotkan tetapi hasilnya sangat memuaskan.

Minyak kelapa juga tidak hanya bermanfaat untuk manusia, tetapi juga untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Caranya sama yaitu oleskan minyak tersebut pada kulit mereka perlahan hingga merata kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu hewan kesayangan Anda tersebut dimandikan dan keramas dengan shampoo. Lakukan seminggu sekali maka kesehatan kulit akan selalu terjaga dan bulu-bulunya pun menjadi indah.


4. Bahan Bakar Lampu Minyak.

Lampu minyak menjadi penerangan darurat selain lilin dan petromaks. Namun karena minyak tanah sekarang harganya mahal maka ada alternatif lain. Gunakan minyak goreng bekas sebagai bahan bakar alternatif selain minyak tanah. Tuangkan minyak tersebut di sebuah wadah yang tidak terlalu besar atau tutup kaleng kecil dan taruh potongan sumbu pendek atau pilinan kapas ditengah. Biarkan beberapa saat agar minyak meresap, setelah itu nyalakan.


Lampu dari minyak goreng bekas atau jelantah ini sangat berguna untuk berbagai keperluan penerangan didalam dan diluar ruangan rumah. Silakan praktekan dan gunakanlah secara bijak karena api kecil bisa menjadi sahabat dan ketika besar maka akan menjadi musuh yang berbahaya.

5. Berguna Untuk Kesehatan Tubuh.

Minyak kelapa bisa dibilang tidak ada habisnya jika dilihat dari manfaatnya. Salah satunya adalah untuk minyak kelapa murni atau VCO ( Virgin Coconut Oil ) menjaga kesehatan tubuh khususnya guna meningkatkan kualitas sel-sel darah putih. Secara medis sel darah putih memiliki fungsi sebagai pelindung dari berbagai penyakit. Sebaiknya konsumsi sekali dalam satu hari dengan takaran satu sendok makan. Jika anda dalam kondisi sakit silakan tingkatkan takarannya hingga 3 kali dalam sehari agar pertahanan tubuh meningkat dan mempercepat proses penyembuhan.




6. Pembersih Kuas Make-Up.


10 Trik Pemanfaatan Minyak Goreng

Pemakaian kuas-kuas untuk make-up secara terus menerus dalam jangka waktu lama maka akan mengakibatkan banyak kotoran yang menempel. Cara membersihkannya adalah dengan merendam kuas tersebut didalam minyak kelapa selama beberapa saat. Terakhir bilas sampai bersih dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut. Selain kuas kembali bersih, minyak kelapa berfungsi menjaga kuas tetap lembut dan elastis.

7. Pembersih Riasan Make-Up.

Banyak produk pembersih riasan wajah dipasaran namun tidak semua kulit bisa menerimanya sehingga terkadang menimbulkan efek iritasi. Oleh sebab itu gunakan bahan alami seperti minyak kelapa untuk membersihkan wilayah wajah Anda. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa pada area wajah yang ingin dibersihkan kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu hapus dengan kapas hingga benar-benar bersih. Manfaat lainnya dengan menggunakan cara ini adalah kulit wajah anda akan terjaga kelembabannya.


8. Merawat Bahan / Material Dari Kulit


10 Trik Pemanfaatan Minyak Goreng

Produk perabotan rumah tangga maupun fashion yang terbuat dari kulit memiliki ekstra perawatan lebih agar tetap dalam kondisi baik. Ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan minyak kelapa. Anda hanya cukup mengoleskan minyak tersebut pada permukaan bahan dari kulit kemudian diamkan beberapa saat agar cairan minyak tersebut meresap kedalamnya. Setelah itu cukup mengelap dengan kain lembut sebisa mungkin dari bahan katun. Sedangkan untuk baju, jaket, celana, sepatu, sandal dan sejenisnya bisa langsung anda simpan kedalam tempatnya semula.


9. Merawat Kesehatan Mulut dan Gigi.

Minya kelapa memiliki kandungan yang bisa berguna untuk menghilangkan bakteri. Oleh sebab itu disarankan sebelum tidur berkumur dengan air yang sudah dicampur dengan minyak kelapa dengan takaran 2-3 sendok makan. Waktu yang dibutuhkan untuk berkumur sekitar 5 menit. Nah jika Anda lakukan ini secara teratur maka bakteri yang ada di dalam mulut bisa dikendalikan, warna gigi pun semakin putih.


10. Bermanfaat Sebagai Pelumas.

Berbagai manfaat minyak goreng terutama minyak kelapa sudah disebutkan diatas, yang berikutnya adalah sebagai pelumas untuk bahan logam. Walaupun oli sudah dikenal sebagai pelumas sintetis namun tidak ada salahnya anda memakai minyak kelapa sebagai cara yang sederhana dan mudah didapatkan. Engsel pintu yang berderit, roda bergerigi pada berbagai perabotan elektronik, hingga resleting macet bisa diatasi secara cepat dengan minyak kelapa ini. Nah silakan coba tips-tips diatas secara benar agar bisa mendapatkan manfaatnya.

1 komentar: