Rabu, 03 September 2014

Tips Agar Daging Ayam Tak Berlemak

Tips Agar Daging Ayam Tak Berlemak

Hampir bisa dipastikan daging ayam selalu menjadi sajian favorit bagi sebagian besar penduduk di Indonesia karena mudah didapat dan diolah. Sering kali daging ayam yang kita masak mengeluarkan cairan lemak berlebih, tentu saja hal tsb mengurangi cita rasa dari sajian kita sekaligus berdampak buruk bagi kesehatan kita yaitu meningkatnya kadar kolesterol, sehingga dapat  mengacaukan program diet sehat Anda

Masternya Tips kali ini akan membagikan tips untuk mengurangi lemak berlebihan pada daging ayam yang akan kita masak :


Jauh lebih sehat membuang bagian kulit ayam
1. Pilih jenis ayam kampung, ayam buras, atau ayam organik.
Ayam jenis ini kulitnya lebih tipis, sehingga lemak yang terkandung pun sedikit.Dagingnya lebih liat, namun cita rasa yang dihasilkan lebih gurih dan pulen ketimbang jenis ayam pedaging. Akan tetapi jika ingin memakai ayam pedaging / broiler, triknya adalah dengan mengelupas bagian kulitnya, kemudian sayat dan buang jaringan lemak tebal yang ada dibawah kulit. Selain itu, perlakuan sama juga kita terapkan pada bagian paha atas dan pantat ayam karena dibagian tersebut lemak tebal berkumpul.


Tips Agar Daging Ayam Tak Berlemak
AYAM BROILER
2.Rebus terlebih dahulu daging ayam minimal 10 menit pada air yang telah mendidih. Hal ini bertujuan untuk menghancurkan jaringan lemak yang ada, kemudian angkat dan buang air rebusan. Selanjutnya olah sesuai resep yang diinginkan

3.Trik lain adalah dengan cara membakar daging ayam di atas bara api hingga lemak menetes, daging menjadi setengah matang dan permukaan agak kering. Selanjutnya olah sesuai resep yang diinginkan. Selain lemak berkurang, trik ini membuat hidangan lebih beraroma dan lezat.

4. Jangan memakai terlalu banyak minyak ketika menumis bumbu

5. Jika Anda membuat hidangan yang bersantan seperti kari, gulai, dan opor, gunakan santan encer atau sedang.

Selamat mencoba, semoga hidangan ayam yang Anda sajikan bebas dari lemak dan bebas pula dari ancaman bahaya kolesterol jahat yang mengancam kesehatan Anda serta keluarga tercinta.

1 komentar: