Minggu, 26 Oktober 2014

6 Tips Keluarga Bahagia

6 Tips Rahasia Keluarga Bahagia


Menciptakan kehidupan berkeluarga yang gembira dan menyenangkan adalah keinginan setiap orang. Banyak teori yang menjabarkan tentang pengertian keluarga bahagia dari yang sederhana hingga rumit, namun pada prakteknya tidak semua individu bisa melakukannya secara benar dan bijaksana. Masternya Tips kali ini memberikan beberapa pengertian secara mudah yang berdasarkan pengalaman orang.

Seimbang Antara Pekerjaan dan Rumah Tangga
Hal diatas tidak mudah di implementasikan secara nyata oleh banyak orang. Saya sendiri mengakui dalam memberikan porsi antara pekerjaan untuk menghidupi keluarga dengan kehidupan rumah tangga selalu tidak konsisten dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi.

Bagaimanapun juga saya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan keseimbangan tersebut dengan komitmen atas tanggungjawab yang harus dijalankan. Melakukan pekerjaan yang memiliki durasi waktu normal agar kehidupan dalam lingkup rumah maupun sosial tetap terjaga baik. Segila apapun anda melakukan pekerjaan dengan alasan untuk mencukupi kebutuhan keseharian jika kehidupan rumah dan sosial terganggu maka kebahagiaan yang diidamkan tak akan pernah didapatkan.



Menjaga Diri Sendiri Secara Baik
Ada suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang banyak terutama para orang tua dengan menghabiskan banyak waktu untuk orang lain dibandingkan diri sendiri. Saya memiliki pengalaman yang tidak begitu menyenangkan karena sering mengabaikan diri sendiri sehingga hanya mendapatkan kebahagiaan yang sifatnya semu.

Saya dulu berpikiran melihat orang lain senang dan bahagia maka diri sendiri pun akan merasakan hal itu juga. Tetapi kenyataan berkata lain bahwa saya ternyata menjadi semakin kurang mendapatkan rasa bahagia tersebut. Itu disebabkan ketidakseimbangan yang lebih prioritas ke orang lain dibandingkan diri sendiri. Ketika saya mencoba dan berusaha memberikan porsi yang seimbang secara perlahan kebahagiaan yang dirasakan oleh orang lain akan dirasakan juga oleh diri saya sendiri.

Menjaga Kedisiplinan
Gunakan aturan-aturan yang sifatnya fleksibel untuk lingkup keluarga. Ini mengacu bahwa setiap kondisi akan berlaku berbeda pada waktu-waktu tertentu sehingga setiap permasalahan yang muncul bisa diselesaikan secara bijaksana. Cara tersebut akan membangun sebuah kehidupan rumah tangga yang lebih positif dalam menghadapi setiap kondisi kehidupan yang sifatnya dinamis.

Lakukan Komunikasi Secara Baik
Komunikasi yang dilakukan secara intensif dan teratur terutama ketika pada masa-masa sulit akan menempatkan rumah tangga dalam kondisi yang terkendali. Setiap orang tua dan anak-anak pasti memiliki berbagai permasalahan hidup dan untuk mengaasi itu harus diawali dengan komunikasi yang baik serta positif. Setiap anggota keluarga seharusnya atau bahkan sebaiknya dilibatkan dalam segala hal yang menyangkut permasalahan individu maupun rumah tangga. Jika dilakukan secara bijaksana dan cerdas maka kehidupan rumah tangga akan terasa nyaman, bahagia, dan menyenangkan.

Manfaatkan Waktu Secara Bijaksana
Waktu 24 jam dalam sehari bukanlah jumlah yang cukup untuk mengatur ritme hidup pada tujuan yang baik. Oleh sebab itu pergunakan waktu sebaik mungkin untuk saling mempererat hubungan keluarga. Anda bisa lakukan dengan ebrbagai cara seperti liburan bersama, makan diluar rumah dengan keluarga, dan masih banyak lainnya lagi. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi masing-masing individu keluarga untuk tetap memiliki rasa kebersamaan serta tentu saja akan menimbulkan kebahagiaan.

Mengambil Keputusan Bersama
Diatas tersebut masih memiliki kaitan dengan disiplin dalam lingkup keluarga. Ada waktu-waktu tertentu menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara diputuskan secara bersama. Ini sangat membantu ketika salah satu atau semua anggota keluarga memiliki permasalahan yang rumit. Hal itu akan memudahkan mengurai dan mendapatkan solusi terbaik agar masalah cepat terselesaikan dengan baik dan bijaksana.

2 komentar: