Senin, 22 Desember 2014

7 Tips Baterai HP Awet


HP canggih jaman sekarang atau sering disebut smartphone memiliki banyak keunggulan tersendiri. Namun dibalik kelebihan tersebut banyak kenyataan bahwa konsumsi baterei menjadi lebih boros karena tingkat penggunaannya tinggi. Bagaimana cara untuk mempertahankan daya baterei telpon pintar Anda agar awet lama? Simak tips cerdas di bawah ini.

1. Selalu bawa baterei cadangan serta alat pengisi atau Charger. Memang terlihat merepotkan namun cara pertama ini yang paling bisa membuat aktifitas dengan telpon genggam Anda aman dari segi penggunaan daya.

2. Ketika dibawa perhatikan suhu disekitarnya. Hindari suhu yang panas seperti salah satunya adalah terkena sinar matahari langsung. Jika diabaikan maka selain LCD HP rentan rusak, imbas lain juga kualitas baterei akan berkurang karena terjadi kerusakan sel akibat terkena panas diatas kewajaran.



3. Matikan fitur data internet, wifi, dan lainnya yang tidak banyak digunakan. Khusus untuk internet pilih jaringan dibawah 3G seperti EDGE/GPRS jika sinyal susah didapatkan. Jangan gunakan setelan otomatis untuk jaringan, karena seringkali network berpindah-pindah berdasarkan penangkapan sinyal yang paling kuat akan membuat pemakaian daya baterei tinggi.

4. Pengaturan kecerahan (brightness) pada layar pada setelan manual akan memperpanjang waktu pemakaian. Berubah-ubahnya tingkat kecerahan LCD berdasarkan lingkungan sekitar di mana Anda berada akan memaksa baterei mengeluarkan daya lebih.

5. Non aktifkan fitur theme yang sifatnya berubah secara otomatis. Ketika memilih fitur ini pada setelan otomatis maka daya baterei akan lebih besar penggunaannya. Padahal fitur tersebut tidak memiliki banyak manfaat yang berarti.

6. Isi baterei HP dalam keadaan mati ketika tidak dipergunakan terutama malam hari ketika waktu tidur. Hal ini selain memberikan waktu smartphone Anda untuk "istirahat" juga proses pengisian baterei konsisten karena tidak harus menopang kehidupan baterei pada keadaan hidup powernya.

7. Gunakan alat Power Bank sebagai solusi akhir jika HP yang Anda miliki sering kehabisan daya baterei akibat penggunaan HP yang tinggi terutama ketika digunakan untuk urusan pekerjaan.

1 komentar: