Selasa, 02 September 2014

Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Tips Meningkatkan Kemampuan Otak


Otak terutama bagi manusia memiliki fungsi mengatur sebagian besar tubuh melalui sel-sel saraf yang jumlah jutaan. Semua saraf yang terhubung dengan otak memiliki tugas yang sangat kompleks sehingga kita perlu menjaga serta melatihnya agar berfungsi secara maksimal.

Topik Masternya Tips kali ini adalah tentang bagaimana meningkatkan kemampuan otak manusia agar daya ingat dan kecerdasannya tetap stabil. Untuk melatih otak ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan seperti di bawah ini.


Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Istirahatkan tubuh anda secara menyeluruh setelah melakukan beragam aktifitas seharian dengan teratur. Ini sangat berguna untuk saraf-saraf otak setelah dalam rentang waktu lama digunakan terus menerus untuk bekerja. Tingkat stres dan kelelahan tinggi akan menyebabkan otak mengalami ketegangan. Jika tidak diberikan waktu cukup untuk istirahat maka akan mengalami penurunan kualitas fungsi. Beberapa yang sering dialami orang-orang adalah emosi yang tidak stabil, daya ingat serta kecerdasan dalam mengolah informasi, serta masalah berat badan.



Konsumsilah beberapa jenis makanan untuk meningkatkan daya ingat. Makanan tersebut bisa berupa ikan karena mengandung asam lemak Omega-3 yang berfungsi ganda seperti meningkatkan kinerja sel otak untuk menyimpan memori, menurunkan stres, sekaligus bermanfaat juga untuk kesehatan jantung.

Sayuran berdaun hijau seperti kubis, brokoli, dan bayam menjadi sumber vitamin dan mineral untuk otak agar daya ingat meningkat atau minimal stabil dalam jangka waktu yang lama. Selain sayuran, Anda juga bisa mengkonsumsi madu, tomat, kacang-kacangan, dan coklat.

Air juga tidak bisa dipisahkan karena selain untuk kebutuhan tubuh dan kulit juga memiliki khasiat melindungi bagian ingatan atau memori pada otak. Seperti yang sudah diketahui bahwa jika kita kekurangan zat cair maka akan menimbulkan dehidrasi. Ketika seseorang mengalami dehidrasi akan menimbulkan efek pada otak yaitu berkurangnya hormon kortisol yang membuat sekitar daerah pada otak mengalami penyusutan.

Kurangi mengkonsumsi makanan ringan atau snack yang mengandung bumbu Monosodium Glutamat (MSG). Bahan aditif yang terkandung dalam MSG memberikan rangsangan pada otak dengan menciptakan sensasi nikmat yang berlebih ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam glutamat. Secara medis penggunaan bahan tersebut dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kerusakan otak dengan menurunnya kecerdasan dan daya ingat.

Olahraga menjadi salah satu aktifitas yang harus dilakukan oleh setiap orang agar kesehatan tetap terjaga terutama otak. Lancarnya peredaran darah serta oksigen yang cukup akan membuat saraf-saraf otak tetap terjaga baik.

Selalu aktif bersosialisasi dengan melakukan komunikasi dengan orang-orang. Hal itu untuk merangsang fungsi saraf orak dalam mencerna informasi yang diterima serta yang dikeluarkan. Otak akan mengolah semuanya dan mengkalkulasi berbagai kemungkinan kemudian memberikan beberapa solusi. Jika dilakukan secara terus menerus maka kecerdasan otak akan meningkat.

Menjalani hidup sehat dengan menyeimbangkan sisi emosi, intelektual, dan spiritual akan meningkatkan fungsi otak secara menyeluruh. Meditasi menjadi alternatif yang multiguna karena bisa memperbaiki dan meningkatkan struktur serta fungsi otak pada manusia. Anda bisa melakukannya sekitar 30 hingga 60 menit tiap hari.

Beberapa tulisan ini dikutip dari sumber wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar